PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

BUDAYA POSITIF
Oleh : Imam Heriyanto, S. Pd


Guru penggerak dituntut mampu untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki sesuai dengan prinsip filosofi Ki Hadjar Dewantara dengan memperhatikan managemen perubahan Inquiri Apresiatif. Inquiri Apresiatif merupakan sebuah paradigma sekaligus model management perubahan yang memegang prinsip psikologi positif dan pendidikan positif serta berbasis pada kekuatan. Dalam managemen tersebut terdapat model manajemen perubahan dengan akronin BAGJA. Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

Dalam perjalananya, seorang guru penggerak dihadapkan pada sebuah masalah yaitu mengenai kompetensi yang dimiliki dalam rangka mengembangkan potensinya. Jika mengacu pada kompetensi seoarang guru yang seharusnya yaitu: (1) Penguasaan pengetahuan profesional; (2) Praktik pembelajaran professional; (3) Pengembangan profesi berkelanjutan.

Penguasaan pengetahuan keprofesionalan saya rasa sudah dipenuhi sebagian besar guru, namun praktik pembelajaran prodesional dan pengembangan profesi berkelanjutan yang masih menjadi mimpi kita bersama. Tidak sedikit masalah kompetensi ini menjadi sebuah pertanyaan utama, yang selanjutnya menjadi mimpi seoarang guru penggerak dan mengambil pelajaran yang ada sehingga bisa menjabarkan sebuah renacana kedepan untuk mewujudkan mimpi tersebut yaitu merdeka belajar.

Dengan latar belakang tersebut kami Calon Guru Penggerak dari kabupaten Cilacap atas nama Imam Heriyanto dan Mudiyatun Sawiyah berusaha mewujudkan mimpi kita bersama dalam mengembangkan potensi untuk mewujudkan kompetensi guru kususnya disekolah kami. Salah satu aksi nyata kami adalah berupa pengenalan mengenai paradigma merdeka belajar dan pengenalan aplikasi Canva. Hal ini kami anggap penting karena merdeka belajar yang di gaungkan kemdikbud merupakan cerminan dari filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, dengan trilogi pendidikanya dan pendidikan yang melihat kodrat anak baik kodrat alam dan kodrat zaman. Sedangkan aplikasi Canva merupakan aplikasi berbasis android dan PC yang mudah digunakan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.

Selain itu kami juga memperkenalkan pembuatan video pembelajaran dengan media aplikasi powerpoint. Kami merasa hal ini perlu, mengingat kondisi pandemi dan juga keberlangsungan pembelajaran kedepanya. Tidak mungkin kita akan kemabali ke pembaelajaran konvensional. Saat ini kita dipaksa untuk bisa memanfaatkan situasi guna mengembangkan kompetensi.

Pada awalanya kami memfasilitasi semuanya, namun kedepanya kami akan menjadikan kegiatan ini menjadi sebuah budaya, dalam mengembangkan kompetensi keprofesionalan dan berkelanjutan. Dalam memulai kegiatan ini banyak sekali tantangan yang kami hadapi diantaranya adalah minimnya partisipasi dari perta yang di harapkan. Ini menjadi PR bagi kami kedepan. dan kami yakin bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat.







Rencana kami kedepan adalah memfasilitasi bagi mereka yang sudah tertarik terhadapa kegiatan ini, selebihnya adalah berdiskusi terhadap mereka-mereka yang kurang berminat.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PENULIS

KESEPAKATAN KELAS