PROFIL PENULIS

Finding Right Happines
Oleh : Imam Heriyanto, S. Pd


Assalamualaikum

Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, maka pergunakanlah hidup ini untuk hal-hal yang berguna. Dengan tulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Harapanya dengan melalui media ini apa yang menjadi pemikiran penulis dapat tersampaikan. Sebelum membaca semua apa yang penulis sampaikan sebaiknya berkenalan terlebih dahulu dengan penulisnya.

Perkenalkan nama saya Imam Heriyanto biasa disapa Imam dalam dunia kerja, akan tetapi dalam keluarga lebih dikenal dengan sapaan Heri, bagi saya keduanya sama saja. Saya lahir 33 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 20 April 1987 di kota Cilacap. Saya anak ke-5 dari 6 bersaudara, namun salah satu saudara saya sudah meninggal 1 yaitu kakak perempuan saya yang bernama Marsiah di usia masih balita. Sehingga saudara saya tinggal 4. Diantara ke-4 saudara saya hanya 1 yang belum berkeluarga yaitu adik saya dan hanya 1 juga yang merantau, berdomisili di luar kota Cilacap.

Riwayat pendidikan saya dimulai dari SD Cisuru 04 (1993-1999) selanjutnya SLTP Negeri 1 Cipari (1999-2002) Serta SMA Negeri 1 Cipari (2002-2005) semuanya berada kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Setelah jenjang SMA, saya meneruskan studi saya di UNS (Universitas Sebelas Maret) kota Solo tahun 2005 sampai 2007. Setelahnya saya mengabdi di SD Negeri Mekarsari 02 selama 2 tahun dari tahun 2007-2009 karena pada tahun tersebut saya melanjutkan studi S1 di kampus yang sama. Alhamdulillah pada tahun 2011 saya selesai menempuh pendidikan Strata 1 dan bergelar Sarjana. Selesai menempuh pendidikan tersebut saya melanjutkan kembali pengabdian di sekolah yang sama yaitu di SD Negeri Mekarsari 02. Namun hanya bertahan sampai tahun 2014. Karena setelahnya saya mutasi untuk mengabdi di SMP Negeri 1 Cipari yang merupakan sekolah asal saya sampai dengan sekarang. Pendidikan lain yang saya tempuh adalah Pendidikan Profesi Guru pada tahun 2019.

Perjalanan kehidupan saya cukup menyenangkan versi saya, hehehe. Karena perjuangan untuk mencari jati diri sangatlah membingungkan bahkan hal yang tidak terbayangkan atau terfikirkan itu terjadi dan dijalani dengan senang hati. Mengingat perjalanan saya sebagai seorang guru mulai dari pengabdian sebagai sorang Guru Honorer sampai menjadi seorang ASN sangatlah misterius. Jika dihitung-hitung mulai saya mengabdi sebagai seorang guru honorer sampai dengan menjadi ASN terhitung 14 tahun. Tidak terbayangkan selama itu saya menunggu, sabar banget kan. hehehe. Tapi itulah kehidupan, jika orang bilang akan indah pada waktunya. Mungkin kalimat tersebut saya yang merasakan. Karena di usia yang limit untuk syarat menjadi ASN hampir habis. Tapi Alhamdulillah, Allah mengizinkan saya untuk menjadi seorang ASN. Tepat pada tahun 2020 saya lolos seleksi menjadi seoarang ASN formasi tahun 2019, menariknya penempatanya di sekolah sendiri, tempat saya sekolah dulu dan tempat pengabdian saya sebelumnya. Jadi tidak perlu adaptasi. hehehe

Hobby tentu, saya punya banyak hobby, diantaranya adalah bermain sepak bola, futsal, masak dan yang laianya adalah menulis. Penulis? ya itulah salah satu dunia yang saya tidak saya bayangkan sebelumnya. Aneh tapi nyata saya pernah mengikuti kursus menjadi seorang penulis buku non-fiksi di Aleniaku Batch19 selama 3 bulan bersama Bapak Cahyadi Takariawan. Alhamdulilah sedikit-sedikit saya dibekali ilmu bagaimana menjadi seorang penulis.

Lainya adalah saya mengikuti kursus menjadi Matchcomissioner Futsal dikota Cimahi, Alhamdulillah pengalaman menjadi seorang pengawas pertandingan membawa saya kedunia luar yang penuh dengan warna. Karena ketika tugas saya harus keluar kota. Sehingga bisa berinteraksi dengan orang banyak.

Disisi lain saya juga menjadi seorang pelatih tim sekolah saya baik futsal maupun sepakbola, beberapa prestasi saya pernah raih. di sepak bola peranha menjadi Juara 2 GSI tingkat kabupaten, sementara di dunia futsal tidak sedikit piala yang kami bawa pulang kesekolah baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Bahkan kami pernah mengantarkan salah satu siswa perempuan kami masuk salah satu tim elit futsal untuk berkompetisi dikota Bandung dan Alhamdulilah dapat juara 3. Tahun demi tahun kami selalu mempersembahkan kejuaran futsal yang kami ikuti baik tim putera maupun puteri.

Dan yang terakhir saya akan memperkenalkan keluarga kecil saya, Alhamdulillah saya sudah berkeluarga pada tahun 2014 saya menikah dengan Fristika Dina S.R dan sudah dikaruniani seorang anak laki-laki yang diberi nama Al Khalifi Razqa Hamizan, 3 tahun 9 bulan usia pada saat ini. Terakhir sekali saya berharap bisa menjadi seorang bermanfaat bagi orang lain, dah gitu aja. Akhir kata Wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

  1. Alhamdulillah...banyak sekali karunia Tuhan yang diberikan pada Mas Imam..Semoga akan terus mensyukurinya dengan terus belajar dan berjuang dalam berbagai lini kehidupan..khususnya dunia pendidikan. Ditunggu postingan selanjutnya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih pak Arsyad. Betul sekali mensyukuri nikamat merupakan cara terbaik untuk membahagiakan diri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

KESEPAKATAN KELAS